Rabu, 16 September 2009

AMALAN - AMALAN SEPUTAR HARI RAYA IDUL FITRI

Alhamdulillah bentar lagi hari kemenangan akan datang, banyak cara orang menyambut hari kemenangan itu. Akan tetapi islam sendiri memiliki tuntunan yang harus dilakukan oleh umat islam dihati raya Idul Fitri

PERTAMA, amalan yang dianjurkan pada hari raya adalah memakmurkan harir raya tersebut dengan takbir,tahmid dan tahlil sejak terbenamnya matahari diakhir ramadhan sampai waktu asar hari raya.Rasulullah bersabda ,"Hiaskanlah dua hari raya ( idul fitri dan idul adha ) dengan takbir,"
(HR. Ath-Thabaranydari Anas ra )

KEDUA,shalat Id,salah ibadah yang identik dengan hari raya Idul Fitri adalah shalat id yang dikerjakan pada pagi hari idul fitri.Hukum shalat Idul Fitri sebagian besar ulama berpendapat "Sunnah Mu'akkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan.Shalat Id pertama kali dilakukan pada tahun kedua dari hijrahnya Rasulullah.
Berkata Ummu 'Athiya ra," Kami diperintahkan Rasulullah saw untuk membawa keluar perempuan-perempuan dan gadis-gadis pingitan pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Perempuan yang sedang haid mengasingkan diri dari shalat, mereka menyaksikkan kebajikan dan seruan kaum muslimin." ( HR.Bukhari dan Muslim ).

Tata tertip shalat ID :
1. Hendaklah kita segera mandi pada pagi hari raya dan berhias dengan pakaian terbaik yang dimilikinya. Jangan lupa memakai minyak wangi dan parfum karena Rasulullah saw suka dengan wewangian.
2. Makanlah sedikit sebelum berangkat ketempat shalat idul fitri,pada shalat hari raya idul adha sebaiknya jangan makan dulu.
3. Hendaklah bertakbir sepanjang perjalanan hingga ketempat shalat. Hal ini untuk menunjukan syiar islam.
4. Hendaklan melakukan shalat Id dengan sebaik-baiknya sesuai dengan syarat dan rukunnya.
5. Hendaklah mendengarkan khutbah dengan sebaik-baiknya hingga selesai.
6. Hendaklah kalau pulang shalat Id menempuh jalan yang berbeda waktu berangkat tadi.
7. Hendaklah jika bertemu orang yang kita kenal salinh berjabat tangan dan saling maaf memaafkan.
8. Hendaklah banyak-banyak bersedekah pada hari raya itu.

Mari kita sambut hari kemenangan dengan gembira. Semoga kita dapat prediket 'TAQWA". Amin ...amin ya Rabbal'alamin.
(majalah Hidayah thn 4 2004,dengan sedikit perubahan )

1 komentar:

listen qur'an

Listen to Quran