Selasa, 27 Oktober 2009

KETAATAN SEORANG ISTRI

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatu

Istri sholeha dan patuh pada suami adalah impian setiap laki-laki. Didalam kehidupan berkeluarga kadang laki-laki tidak merasa begitu berat beban seorang istri, begitu juga buat istri tidak tahu peranannya sebagai istri.

Mudah-mudahan kisah berikut ini bisa menjadi ' iktibar bagi kita buat suami begitu juga buat istri.....

Dalam sebuah riwayat menceritakan, dikala Nabi Muhammad saw melakukan Isra' mi'raj disaat Beliau singgah di syurga, Rasulullah melihat seorang wanita yang masuk syurga dan berada di sebuah bangunan yang sangat indah. Lalu Beliau bertanya pada Malaikat Jibril " Wahai Jibril siapakah wanita yang berada dalam bangunan itu?" Jibril menjawab:" Duhai Rasulullah wanita itu adalah salah satu umat tuan yang tinggal dekat kediaman tuan di Medinah. wanita itu bernama Siti Khamsyah ( maaf nama disamarkan).


Sepulang dari Isra' Mi'raj Rasulullah bertanya kepada 'Aisyah, "Wahai 'Aisyah tahukan kamu dengan perempuan yang bernama Siti Khamsyah?" Tahu ya Rasulullah, dia tinggal tidak jauh dari rumah kita",jawab 'Aisyah. Kalo begitu coba engkau selidiki apa yang dilakukannya sehari-hari sehingga dia bisa masuk surga dan berada dalam bangunan yang indah di dalamnya.

Berangkatlah 'Aisyah kerumah wanita yang disebutkan Rasulullah. Setiba dirumah wanita itu dan mengucapkan salam keluarlah penghuni rumah." Wahai Ummu Mukminin gerangan apakah yang membuat anda datang kerumah saya?" Aisyah menjawab,"Aku disuruh Rasulullah untuk bersilaturrahmi kepada anda". Setelah dipersilahkan masuk heranlah Siti 'Aisyah dengan pemandangan yang ia lihat.

Didalam rumah telah tersedia seember air dingin,seember air panas, handuk, makanan yang masih panas serta sepotong pemukul dari rotan. Kemudian 'Aisyah bertanya pada wanita itu untuk apa alat-alat yang ia lihat dirumah itu.

Siti khamsyah menjelaskan pada 'Aisyah," Wahai istri nabi sebentar lagi suami aku pulang setelah dia sampai dalam rumah aku buka alas kakinya dan aku basuh kakinya dengan air dingin itu. Setelah istirahat sebentar aku siapkan air panas untuk mandinya dan aku gosok tubuhnya hingga bersih dan aku lap dengan handuk ini. Setelah berpakaian aku siapkan makanan untuk makannya. Aku temani dia sampai dia selesai makan.Setelah selesai makan aku serahkan rotan ini kepada suamiku dan berkata pada dia," Duhai suamiku adakah pelayanan dan masakanku yang kurang berkenan dihatimu, kalau ada ini rotan silahkan engkau pukul aku sesukamu.Dan sang suamipun menjawab," Subhanallah engkau memang istri yang sholeha wahai istriku, tidak ada tergores dalam hatiku sedikitpun rasa kurang berkenan atas pelayananmu.

Setelah mendengar penjelasan dari wanita itu Siti 'Aisyah menceritakan semuanya kepada Rasulullah penjelasan dan kejadian dirumah itu.Siti 'Aisyah bertanya pada rasulullah, Siapakah gerangan wanita itu ya Rasulullah?" Jawab Nabi saw," Tahukah engkau 'Aisyah wanita itu yang aku lihat di surga waktu aku Isra' Mi'raj.

Subhanallah kalau setiap istri tahu peranannya didalam keluarga mungkin banyak yang mengikuti jejak Siti Khamsyah itu. Taat pada Allah dan taat pada suami. Buat suami harus sadar juga peranan mereka sebagai kepala rumah tangga jangan bisa hanya menuntut tanpa bisa mengeti beban yang dihadapi seorang istri dirumah.

Semoga ibadah yang dilakukan Ibu dan istri-istri yang soleha diterima Allah dan dibalas dengan pahala yang sebesar-besarnya. Dan ditempatkan di syurga bersama-sama Wanita diatas tadi. Amin..Amin...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar