Senin, 05 Oktober 2009

MENGAMBIL HIKMAH DARI BENCANA

Innalillahi wainnailahi rajiun......
segala sesuatu kepunyaan Allah dan kepada-Nya semua kembali.

Hari rabu 30 september 2009 merupakan hari yang tidak terlupakan bagi warga Sumatera Barat. Gempa dengan kekuatan 7,6 sr telah meluluh lantakkan kota Padang dan Pariaman. Siapa menyangka bencana akan datang begitu cepat. Ribuan korban berjatuhan,rumah yang hancur akibat kerasnya goyangan gempa. Pekik dan jerit terdengar disana sini, sungguh tak terbayangkan.......

Sebenarnya kalau kita menggali dari Al-Qur'an penyebabnya sudah ada didalamnya.Diantaranya dalam Al-Quran ada ayat yang menyatakan" Telah terjadi kerusakan dimungka bumi oleh perbuatan tangan manusia". Jadi kalau melihat dari ayat diatas kita mendapat pelajaran bahwa gempa dan bencana yang terjadi akibat perbuatan manusia itu sendiri.

Berapa banyak perbuatan manusia yang memicu diturunkannya azab disuatu negri. Manusia itu telah berbuat sekehendaknya, perjudian,pergaulan kaum mudanya bahkan di bulan Ramadhan mereka dengan bangganya tidak melakukan ibadah. Dikalangan kaum mudanya lihatlah cara berpakaian,pergaulan dan kehidupannya sudah jauh dari norma agama. Mereka bangga mempertontonkan autratnya, bahkan ada yang mengenakan jilbab tapi pakaiannya sangat ketat, seakan jilbab hanya trend mode buat mereka.

Untuk itu mari kita perbaiki diri, menarik pelajaran dari musibah yang melanda. Karena dalam Al-Quran sudah ada peringatan- peringatan tentang itu.

Buat saudara-saudara yang terkena musibah tetaplah sabar menerima cobaan ini. Karena Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan kita.

Mari kita kita tundukan kepala kita angkat tangan berdo'a pada Allah... " Allahumma ya Rabb Engkaulah pemilik kehidupan ini, musibah ini begitu berat bagi saudara-saudara kami.... Duhai Rabb engkau terimalah saudara-saudara kami yang meninggal disisimu,tempatkanlah mereka ditempat yang semulia-mulianya, masukanlah mereka kedalam golongan hambamu yang sahid. Dan buat mereka yang hidup Engkau berikanlah ketabahan pada mereka, Engkau berikanlah kesembuhan duhai Yang Maha Menyembuhkan. Dan dengan musibah ini jadikanlah kami hamba yang mendekatkan diri pada-Mu".




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

listen qur'an

Listen to Quran