Jumat, 16 Juli 2010

Keutamaan Menjaga Kesucian Diri

Diantara laku terbaik yang mesti ditempuh oleh seseorang yang sedang jatuh cinta adalah menjaga kesucian diri ( ta'affuf ), menjauhi kemaksiatan dan kekejian,tidak melanggar ketentuan-ketentuan Sang Pencipta yang telah menjanjikan kenikmatan sejati di negri keabadian bagi hamba-hamba yang mematuhi semua titah-Nya, tidak menyimpang dari perintah Sang Pemberi Karunia yang telah memberikan anugerah kepada manusia dengan menjadikan mereka objek perintah dan larangan-Nya, yang telah mengutus bagi mereka para rasul-Nya dan menjadikan titah-nya sebagai pedoman mereka, sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang-Nya pada mereka.

Orang yang hatinya sedang dilanda cinta dan pikirannya sedang disibukanoleh indahnya bayangan asmara harus mengencangkan kendali dirinya agar tidak sampai hawa nafsu mengalahkan akal sehat, pikiran jernih dan kekokohan agamanya. Ia harus pandai-pandai membentengi diri dan selalu menyadari bahwa hawa nafsu selalu mengajak pada kejahatan, harus selalu mengingat siksa Allah yang pedih dan berat,dan senantiasa sadar bahwa pantauan dan pengawasan-Nya tidak pernah luput atas hamba-hamba-Nya kapan dan dimanapun.Ia mesti selalu mengingatkan diri akan datangnya hari pembalasan dan hari ketika itu setiap orang dihadapkan pada pengadilan Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Agung,Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang, Tidak ada yang luput dari pengawasan-Nya. Ia harus selalu merasakan kehadiran Allah dan selalu ingat akan datangnya hari seperti yang digambarkan dalam ayat-ayat berikut:

1. ( Yaitu ) di hari ketika harta dan anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati bersih. ( QS.Asy-Syu'ara (26) ayat 88-89 )

2. ( Yaitu ) ketika bumi diganti dengan bumi yang laindan ( demikian pula ) langit. ( QS Ibrahim (14 ) ayat 48 )

3.Pada hari ketika tiap - tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan ( dimukanya ), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya, ia ingin kalau kiranya antara ia dan hari itu ada masa yang jauh. ( QS.Ali-Imran (3) ayat 30 )

4.Dan tunduklah semua muka ( dengan merendah diri ) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi berdiri sendiri. Dan sungguh telah merugi orang yang melakukan kezhaliman. (QS Thaha (20) ayat 111)

5.Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaja seorang pun juga. (QS.Al-Kahfi (18) ayat 49)

6.Pada hari (ketika) manusia teringat apa yang telah dikerjakannya,dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. Adapun orang yang melampaui batas dan mengutamakan kehidupan dunia maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Dan adapun orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,maka surga menjadi tempat tinggal(nya). ( QS An-Naazi'aat (79) ayat 35-41 )

7. Dan (bagi) manusia Kami tetapkan amal perbuatannya ( sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitap yang dijumpainya terbuka," Bacalah kitapmu,cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab atas dirimu. (QS.Al-Isra'(17) ayat 13-14 )

ketika orang yang durhaka berkata,
8." Aduh, betapa celakanya kami, kitap apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya. (QS Al-Kahfi (18) ayat 49 )

Di hari itu tidak ada yang selamat dari api yang panasnya berjuta kali lipat dari panasnya api di dunia yang paling panas, kecuali orang-orang yang selama hidup di dunia berhasil memalingkan dirinya dari bujuk rayu hawa nafsu dan sanggup menyelamatkan dirinya dari godaan nikmat sesaat demi meraih kebahagian dan kenikmatan sejati di negri pembalasan yang abadi.

Mereka yang selamat adalah yang mampu menjauhkan dirinya dari setan dengan segala ajakan dan rayuan manisnya demi meraih kedekatan dengan Yang Maha Pemurah di negri keabadian. Serta demi meraih keselamatan dan keamanan pada hari kiamat yang membuat panik dan ketakutan. Mereka lebih memilih kenikmatan sejati di hari nanti dari pada kelezatan tidak seberapa dan kenikmatan sesaat di dunia.


Dari berbagai sumber..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

listen qur'an

Listen to Quran