Rabu, 11 Mei 2011

Dari manakah Makananmu?

Dampak Uang dan Makanan Haram

Allah Ta’ala telah menegaskan bahwasanya kita selaku hambanya diperintahkan untuk makan-makanan yang baik, baik di sini bukan hanya dari segi bentuk, rasa dan dari bahan apa makanan itu dibuat tapi juga dari mana makanan itu diperoleh dengan cara haramkah atau dengan cara halalkah?
Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam Surat Al Maidah ayat 88:
Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya.”

Jelas sekali ayat di atas bahwa anjuran memakan makanan yang baik itu penting sekali, karena makanan mempunyai pengaruh yang besar pada diri seseorang. Bukan saja pada badannya, tetapi pada perilaku dan akhlaknya. Bagi seorang muslim, makanan bukan saja sekedar pengisi perut dan penyehat badan, sehingga diusahakan harus sehat dan bergizi sebagaimana yang dikenal dengan nama “Empat sehat lima sempurna”, tetapi selain itu juga harus halal. Baik halal pada zat makanan itu sendiri, yaitu tidak termasuk makanan yang diharamkan oleh Allah Ta’ala, dan halal pada cara mendapatkannya.

Allah Ta’ala menegaskan bahwa Dia Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik, termasuk makanan. Dan Allah Ta’ala memerintahkan kepada orang mukmin sebagaimana Dia memerintahkan kepada para Rasul untuk memakan makanan yang baik, sebagaimana firman-Nya:
Wahai para rasul, makanlah yang baik dan lakukanlah perbuatan yang baik [Al-Mukminun :51]

Allah Ta’ala juga berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, makanlah yang baik dari yang telah Kami rizkikan kepadamu. [Al-Baqarah : 172]

Karena makanan yang tidak baik atau tidak halal akan menjadikan ibadah seseorang tidak diterima oleh Allah Ta’ala, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah seorang laki-laki yang sedang musafir rambutnya kusut masai dan penuh debu. Dia menadahkan kedua tangannya ke langit sembari berdo’a: “Wahai Tuhanku , wahai Tuhanku, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan perutnya diisi dengan makanan yang haram, maka kata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Bagaimana mungkin permohonannya dikabulkan? Al-Hafidz Ibnu Mardawaih meriwayatkan sebuah hadits dari Ibnu Abbas bahwa ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat:
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. [Al-Baqarah : 168]

Sa’ad bin Abu Waqqash berdiri kemudian berkata: “Ya Rasulullah, doakan kepada Allah agar aku senantiasa menjadi orang yang dikabulkan do’anya oleh Allah”. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Sa’ad perbaikilah makananmu (makanlah yang halal) niscaya engkau akan menjadi orang yang selalu dikabulkan do’anya. Demi (Allah) Yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh jika ada seseorang yang memasukkan makanan haram ke dalam perutnya, maka tidak akan diterima amal-amalnya selama empat puluh hari, dan seorang hamba yang dagingnya tumbuh dari hasil menipu dan riba maka neraka lebih layak baginya”. [HR. At-Thabrani, Ad-Durar al-Mantsur fi Tafsir bil Ma’tsur juz II hal 403]

Dalam menafsirkan ayat di atas Syekh Abdurrahman As-Sa’di berkata: “Perintah ini (memakan makanan yang halal lagi baik) ditujukan kepada seluruh manusia, baik dia mukmin atau kafir. Mereka diperintahkan memakan apa yang ada di bumi, baik berupa biji-bijian, buah-buahan, dan binatang yang halal. Yaitu diperolehnya dengan cara yang halal (benar), bukan dengan cara merampas atau dengan cara-cara yang tidak diperbolehkan. Dan Tayyiban (yang baik) maksudnya bukan termasuk makanan yang keji atau kotor, seperti bangkai, darah, daging babi, dan lainnya”. [Tafsir Taisir Karimirrahman, hal. 63]

Berbicara pengaruh makanan haram pada diri manusia yaitu dapat merubah perangai seseorang yang tadi baik menjadi jahat. Ini kejadian nyata yang sempat saya alami, di tempat kerja saya dulu, Bos dan beberapa karyawannya selalu terlibat dengan uang yang haram, selang beberapa tahun, perangai orang-orang ini  berubah 180 derajat yang tadi baik menjadi buruk yaitu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya dan menjadikan agama ini hanya sebagai tameng untuk mencapai kesuksesan hawa nafsunya , akhirnya saya keluar dari tempat itu.

Allah Ta’ala berfirman:
“Makanlah di antara rezki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.” (QS. Thaaha:81)

Berhati-hatilah dalam makanmu kawan, karena dari makananmu timbullah kenikmatan dan siksaan. Makanlah hanya dari sumber yang halal dan makanlah apa yang Allah Ta’ala dan Rasul-Nya halalkan. Semoga tulisan ini bisa menjadi renungan dan bermanfaat.  Wallahu ‘alam

Sumber  : http://indahnyabersabar.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

listen qur'an

Listen to Quran