Rabu, 22 April 2009

40 TANGGUNG JAWAB ANAK TERHADAP ORANG TUA

2.HORMAT DALAM UCAPAN DAN PERBUATAN
Seiring dengan bertambahnya umur dan masih tinggal satu atap dengan orang tua,kita akan selalu berintegrasi dengan orang tua.Dalam pergaulan ini lah anak harus bisa memperlihatkan sikap dan ucapan,tingkah laku pada orang tua.Bagaimana sikap menghormati dan memuliakan orang tua menurut ALLAH?
Firman ALLAH dalam QS.Al-Israa'(17) ayat 23:
"DanTuhanmu telah menetapkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia,dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya,jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya berusia lanjut dalam pemeliharaanmu,maka jangan sekali-kali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan"ah" dan jangan kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia."
Ayat diatas dengan teas menetapkan tanggung jawab anak kepada orang tua yang masih hidup.Sikap hormat dan mengatakan kata-kata yang mulia kepada mereka merupakan suatu kewajiban bagi si anak.
Selain itu ayat diatas menetapkan beberapa kewajiban anak atas orang tua:
1.Kewajiban berbuat baik
2.Dilarang mengucapkan kata-kata yang berkonotasiatau mempunyai arti
merendahkan orang tua
3.Dilarang menghardik orang tua
Jadi kapanpun dan dimanapun sianak wajib menghormati orang tua dalam ucapan dan perbuatan.


3.MENUNDUKKAN DIRI DIHADAPAN ORANG TUA
Secara fisik islam memerintahkan kepada setiap anak dalam bertatap muka dengan orang tuanya agar merendahkan diri.Ibarat ayam jantan yang ketakutan dihadapan lawannya yang lebih jago.
Seperti firmanALLAH dalam Qs.Al-Israa(17) ayat 24:
"Dan turunkanlah sayapmu dengan rasa merendah terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan................"
Dalam beberapa riwayat disebutka mengenai sikap Fathimah putri Rasulullah saw.Pada saat Beliau berkunjung kerumah Fathimah,ia sedang duduk dan segera berdiri menyambut kedatangan ayahhandanya lalu didudukannya Rasulullah ditempat duduknya,kemudian Fathimah membungkukan badan mencium kedua lutut Rasulullah.Dalam sikap seperti itu Rasulullah sendiri tidak melarangnya bahkan Beliau menyambutnya dengan mencium dahi Fathimah.
Karena itu anak harus menundukan pandangan dihadapan orang tua dan membungkukan diri dihadapan kedua ibu bapaknya.Yang perlu diperhatikan anak tidak boleh bersujud seperti ia sujud dalam shalat kepada orang tuanya.Sebab sujud hanya pada ALLAH.
Jadi anak wajib menundukan diri dihadapan orang tuanya yang mengabaikannya berarti dosa besar dan durhaka kepada ALLAH dan RasulNya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

listen qur'an

Listen to Quran