Selasa, 14 April 2009

WASIAT RASULULLAH KEPADA ABI DZAR AL GIFFARI

Abi Dzar Al-Giffari adalah seorang sahabat Rasulullsh ysng terdekat dengan beliau.Ia menyebut Rasulullah lain dari sahabat yang lain,menyebut beliau dengan sebutan"Khalilie"(sahabatku yang akrab).Abi Dzar menonjol dalam keikhlasannya berjuang,dan ia sangat cinta dan sayang kepada kaum fakir-miskin,dan karena itu ia sebut bapak kaum fakir miskin,dan ada pula yang menggelarinya Bapak sosialis islam.Ia tidak kenal kompromi dalam membela kebenaran dan menghancurkan kebatilan dari manapun juga datangnya.Ia beroposisi kepada khalaifah Usman bin Affan karena dipandangnya pemerintahan dikala itu terlalu royal dengan uang negara untuk kepentingan famili golongan yang berkuasa.
Pada suatu ketika waktu senggang,Rasulullah mengajak Abu Dzar berjalan-jalan keluar kota dengan mengendarai onta.di waktu senggang itulah Rasulullah menyampaikan wasiatnya secara khusus kepada Abi Dzar,Rasulullah membinanya supaya hidup sederhana .Dan inilah sebagian wasiat Rasulullah kepada Abi Dzar Al-Giffari:
1.Rasulullah memerintahkan aku untuk mencintai dan mendekati kaum
fakir miskin.
2.Rasulullah memerintahkan aku untuk memandang kepada orang yang
dibawah aku(dalam urusan dunia)dan tidak memandang orang yang di
atas aku.
3.Rasulullah memerintahkan aku menghubungkan tali kasih sayang
sekalipun aku telah membelakangi.
4.Rasulullah memerintahkan aku untuk tidak meminta sesuatu apapun
kepada seseorang.
5.Rasulullah memerintahkan aku untuk tidak menaruh takut dalam
berjuang pada jalan ALLAH terhadap reaksi celaan kaum reaksioner.
6.Rasulullah memerintahkan aku untuk menyatakan kebenaran walaupun
pahit.
7.Dan Rasulullah memerintahkan aku supaya banyak mengucapkan
"LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH,karena semua itu adalah
simpana yang terletak di bawah 'Arasy.
Demikianlah antara lain pesan Rasulullah sebelum beliau meninggal dunia untuk membina para sahabat untuk berjiwa besar,memiliki iman yang murni,sebersih-bersih tauhid dan keberanian moril yang tinggi dalam melanjutkan dan jihat beliau.Sungguh tepatlah firman ALLAH untuk memuji sikap moral dan moril para sahabat yang tinggi itu di dalam kitap suci Al-Qur'an:
"ADALAH KAMU SEBAIK-BAIK UMAT YANG DILAHIRKAN UNTUK UMAT MANUSIA,KAMU MENYURUH DENGAN YANG MAKRUF DAN MELARANG DARI YANG MUNKAR DAN KAMU PERCAYA KEPADA ALLAH." (Al-Qur'an,Ali Imran 110)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

listen qur'an

Listen to Quran